About

MTs Al Isthakhariyyah Pamalayan

Jumat, 05 Juni 2015

Pengaruh Kegiatan Pertanian Terhadap Organisme Tanah


Written By

hikmat.ns88@gmail.com

ADVERTISMENT
  Pengaruh Kegiatan Pertanian Terhadap Organisme Tanah  - Perubahan lingkungan mempengaruhi jumlah dan jenis mikroorganisme.Pembukaan hutan untuk usaha budidaya sangat mengubah lingkungan tanah .Pertama, jumlah dan jenis sisa – sisa tanaman ( pakan untuk mikroorganisme ) berkurang secara tajam , kedua , jumlah spesies tanaman tingkat tinggi berkurang. Monokultur atau bahkan rotasi tanaman menyempitkan jumlah dan jenis tumbuhan awal.

Kegiatan–kegiatan pertanian mempunyai pengaruh yang berbeda.Contoh beberpa dampak praktek pertanian yang mengurangi keanekaragaman spesies dan total populasi organisme adalah erosi dan monokultural .Kegiatan lain seperti pemupukan, pengapuran dan pemberian bahan organik kedala tanah tidak subur umumnya meningkatkan kegiatn mikroflora.Pestisida dapat mengurangi secara tajam jumlah mikroorganisme, setidaknya dalam waktu sementara.Monokultur mengurangi jumlah spesies dan keanekaragaman, namun meningkatkan jumlah spesies tertentu.

Perubahan penerapan teknologi pertanian mempunyai dampak ekologi terhadap mikroorganisme tanah yang akan mempengaruhi tanaman tingkat tinggi dan hewan termasuk manusia.

0 komentar:

Posting Komentar