About

MTs Al Isthakhariyyah Pamalayan

Rabu, 05 November 2014

RPP IPS MTs



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran              :     Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester            :     VII/1
Pertemuan ke                :     1
Alokasi Waktu               :     2 X 40 menit
Standar Kompetensi   :     1.  Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar       :     1.1 Kemampuan mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi dan proses pembentukannya

Indikator                         :     -     Mendeskripsikan faktor-faktor dan penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya
I. Tujuan Pembelajaran     :     -  Siswa dapat menjelaskan perbedaan dan jenis-jenis gempa bumi
                                                      -     Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor terjadinya gempa bumi
                                                      -     Siswa dapat menjelaskan penyebab terjadinya gempa bumi
                                                      -     Siswa dapat menjelaskan berbagai akibat yang timbul sebagai akibat gempa bumi
                                                      -     Siswa dapat menunjukkan contoh kerusakan akibat gempa bumi

II. Materi Ajar (Materi Pokok)  :     Gempa Bumi (Bentuk Muka Bumi)
III. Metode Pembelajaran  :  -    diskusi
                                                    -    penugasan                 

IV. Langkah-langkah Pembelajaran:

Kegiatan Awal:
·           Siswa mengumpulkan tugas yang diberikan seminggu (pertemuan) sebelumnya, tentang legenda gempa bumi di daerahnya.
·           Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4 – 5 orang.
·           Siswa dalam kelompok mengamati gambar (gunting koran) tentang bangunan/benda-benda yang rusak akibat gempa bumi (gambar tidak harus seragam)
·           Siswa mengungkapkan hasil pengamatan (dari gambar tersebut) tentang jenis-jenis kerusakan akibat gempa, menemukan lokasi gempa pada peta atau atlas dan menemukan ciri-ciri bangunan yang tahan terhadap gempa.

Kegiatan Inti:
·        Guru menceritakan legenda tentang sebab-sebab terjadinya gempa bumi, yang diperoleh dari orang tua atau kakek/neneknya. (catatan: tugas ini telah diberikan satu minggu sebelumnya, dengan contoh model sebagai berikut: Menurut penduduk Tibet yang tinggal di kaki Pegunungan Himalaya, setelah bumi diciptakan Tuhan, kemudian diletakkan di atas punggung seekor katak. Bila katak tersebut menggerakkan kepala atau kakinya maka bumi akan bergetar/bergoyang dan terjadilah gempa bumi).
·        Siswa mengidentifikasi dan menceritakan secara singkat legenda yang diketahuinya tentang peristiwa gempa bumi.
·        Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok, dan setiap kelompok diminta untuk mengerjakan tugas sebagai berikut:
Ø  Menyimpulkan konsep gempa bumi, dengan menjawab pertanyaan berikut:
Orang mengatakan terjadi gempa bumi bila:........................: ……………………………………
Ø  Membedakan jenis-jenis gempa bumi (hasil diskusi) setelah membaca buku teks (buku pelajaran), antara lain gempa tektonik, gempa vulkanik dan gempa runtuhan.
Ø  Mengungkapkan hasil penilaian atau pengamatannya tentang daya tahan gedung sekolahnya terhadap gempa bumi.
-          Gedung sekolah tidak rusak bila terjadi gempa, alasan……….
-          Sekolah sedikit rusak bila terjadi gempa, alasan………
-          Gedung sekolah roboh bila terjadi gempa alasan …….
Ø  Mengungkapkan berbagai pilihan/alternatif penyelamatan bila terjadi gempa, melalui cerita berikut.
Anda beserta kakak, adik, ayah dan ibu pada pukul 16.00 sedang santai menonton TV. Tiba-tiba  terjadi gempa bumi yang cukup kuat. Apa yang akan anda lakukan?
Ø  Menemukan jenis kerusakan dan perubahan bentuk muka bumi akibat gempa bumi, dengan mengisi tabel berikut ini.

Kekuatan Gempa (dalam Skala Richter)

Jenis Kerusakan

Perubahan bentuk muka bumi
I


II


III


IV


V


VI


VII


VIII



·         Setiap kelompok merencanakan kegiatan hingga laporan selesai.
·         Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok dan ditanggapi oleh kelompok lain.

Kegiatan Akhir:
·        Siswa melakukan refleksi, dalam bentuk, membuat kesimpulan pengetahuan baru yang diperoleh dari pembelajaran tadi.
·        Siswa menyanyikan lagu “Ebit G Ade” yang judul: ”Berita kepada Kawan” (derita akibat kekacauan alam).

V. Alat dan Sumber Belajar:
·           Peta/atlas
·           Buku teks/buku pelajaran
·           Legenda gempa bumi penduduk Tibet
·           Tabel isian

VI. Penilaian:
1. Penugasan: Membuat cerita tentang legenda gempa bumi di daerahnya
Kriteria penilaian

No.
Aspek
Skor
Bobot
Skor Maksimal
1.
Kelengkapan:




a. lengkap (data + gambar)
3
  


b. agak lengkap (data)       
2
             5
15

c. kurang lengkap (gambar)
1


2.
Kesesuaian:




a. sesuai
3
  


b. agak lengkap
2
             5
15

c. tidak lengkap
1


Skore Nilai               (Nilai perolehan x bobot) + (Nilai perolehan x bobot) = 30


 
Skore Anak               (Nilai perolehan x bobot) + (Nilai perolehan x bobot) = 10
                                                                           3

2.   Test Uraian
                                                                                                                        skor    bobot
1.   Sebutkan 2 hal penyebab terjadinya gempa bumi                   2              2
2.   Sebutkan 3 jenis gempa bumi                                                       3              1
3.   Sebutkan 3 jenis kerusakan yang diakibatkan                          3              1
      dari adanya gempa bumi

      Skor nilai                   (N.P x bobot) + (NP x bobot) + (NP x bobot) = 30
                                               
            Skor anak                  (N.P x bobot) + (NP x bobot) + NP x bobot)  = 10
                                                                                  3

3.   Ungkapkan, bagaimana perasaan kalian jika suatu saat terjadi gempa bumi dan diantara saudara ada yang meninggal.

0 komentar:

Posting Komentar