RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester :
VII/1
Pertemuan
ke : 1
Alokasi
Waktu : 2 X 40 menit
Standar
Kompetensi : 1. Memahami lingkungan
kehidupan manusia
Kompetensi Dasar : 1.1 Kemampuan mendeskripsikan keragaman
bentuk muka bumi dan proses pembentukannya
Indikator : - Mendeskripsikan
faktor-faktor dan penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya
I. Tujuan Pembelajaran : -
Siswa dapat menjelaskan perbedaan dan jenis-jenis gempa bumi
- Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor
terjadinya gempa bumi
- Siswa dapat menjelaskan penyebab terjadinya
gempa bumi
- Siswa dapat menjelaskan berbagai akibat yang
timbul sebagai akibat gempa bumi
- Siswa dapat menunjukkan contoh kerusakan
akibat gempa bumi
II. Materi Ajar (Materi Pokok) : Gempa Bumi
(Bentuk Muka Bumi)
III. Metode Pembelajaran : - diskusi
- penugasan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran:
Kegiatan Awal:
·
Siswa mengumpulkan tugas yang diberikan seminggu (pertemuan)
sebelumnya, tentang legenda gempa bumi di daerahnya.
·
Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri
dari 4 – 5 orang.
·
Siswa dalam kelompok mengamati gambar (gunting koran)
tentang bangunan/benda-benda yang rusak akibat gempa bumi (gambar tidak harus
seragam)
·
Siswa mengungkapkan hasil pengamatan (dari gambar
tersebut) tentang jenis-jenis kerusakan akibat gempa, menemukan lokasi gempa
pada peta atau atlas dan menemukan ciri-ciri bangunan yang tahan terhadap
gempa.
Kegiatan Inti:
·
Guru menceritakan legenda tentang sebab-sebab terjadinya
gempa bumi, yang diperoleh dari orang tua atau kakek/neneknya. (catatan: tugas
ini telah diberikan satu minggu sebelumnya, dengan contoh model sebagai
berikut: Menurut penduduk Tibet yang tinggal di kaki Pegunungan Himalaya,
setelah bumi diciptakan Tuhan, kemudian diletakkan di atas punggung seekor
katak. Bila katak tersebut menggerakkan kepala atau kakinya maka bumi akan bergetar/bergoyang
dan terjadilah gempa bumi).
·
Siswa mengidentifikasi dan menceritakan secara singkat
legenda yang diketahuinya tentang peristiwa gempa bumi.
·
Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok, dan setiap
kelompok diminta untuk mengerjakan tugas sebagai berikut:
Ø Menyimpulkan
konsep gempa bumi, dengan menjawab pertanyaan berikut:
Orang
mengatakan terjadi gempa bumi bila:........................: ……………………………………
Ø Membedakan
jenis-jenis gempa bumi (hasil diskusi) setelah membaca buku teks (buku pelajaran),
antara lain gempa tektonik, gempa vulkanik dan gempa runtuhan.
Ø Mengungkapkan
hasil penilaian atau pengamatannya tentang daya tahan gedung sekolahnya
terhadap gempa bumi.
-
Gedung sekolah tidak rusak bila terjadi gempa, alasan……….
-
Sekolah sedikit rusak bila terjadi gempa, alasan………
-
Gedung sekolah roboh bila terjadi gempa alasan …….
Ø Mengungkapkan
berbagai pilihan/alternatif penyelamatan bila terjadi gempa, melalui cerita
berikut.
Anda beserta kakak, adik, ayah dan ibu pada pukul
16.00 sedang santai menonton TV. Tiba-tiba
terjadi gempa bumi yang cukup kuat. Apa yang akan anda lakukan?
Ø Menemukan
jenis kerusakan dan perubahan bentuk muka bumi akibat gempa bumi, dengan
mengisi tabel berikut ini.
Kekuatan Gempa (dalam
Skala Richter)
|
Jenis Kerusakan |
Perubahan bentuk muka bumi
|
I
|
|
|
II
|
|
|
III
|
|
|
IV
|
|
|
V
|
|
|
VI
|
|
|
VII
|
|
|
VIII
|
|
|
·
Setiap
kelompok merencanakan kegiatan hingga laporan selesai.
·
Setiap
kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok dan ditanggapi oleh kelompok
lain.
Kegiatan Akhir:
·
Siswa melakukan refleksi, dalam bentuk, membuat
kesimpulan pengetahuan baru yang diperoleh dari pembelajaran tadi.
·
Siswa menyanyikan lagu “Ebit G Ade” yang judul: ”Berita kepada
Kawan” (derita akibat kekacauan alam).
V. Alat dan
Sumber Belajar:
·
Peta/atlas
·
Buku
teks/buku pelajaran
·
Legenda
gempa bumi penduduk Tibet
·
Tabel
isian
VI. Penilaian:
1. Penugasan: Membuat cerita tentang legenda gempa bumi
di daerahnya
Kriteria
penilaian
No.
|
Aspek
|
Skor
|
Bobot
|
Skor Maksimal
|
1.
|
Kelengkapan:
|
|
|
|
|
a.
lengkap (data + gambar)
|
3
|
|
|
|
b.
agak lengkap (data)
|
2
|
5
|
15
|
|
c.
kurang lengkap (gambar)
|
1
|
|
|
2.
|
Kesesuaian:
|
|
|
|
|
a.
sesuai
|
3
|
|
|
|
b.
agak lengkap
|
2
|
5
|
15
|
|
c.
tidak lengkap
|
1
|
|
|
Skore Nilai (Nilai perolehan x bobot) + (Nilai
perolehan x bobot) = 30
Skore Anak (Nilai perolehan x bobot) + (Nilai
perolehan x bobot) = 10
3
2. Test Uraian
skor bobot
1. Sebutkan 2 hal
penyebab terjadinya gempa bumi 2 2
2. Sebutkan 3
jenis gempa bumi 3
1
3. Sebutkan 3
jenis kerusakan yang diakibatkan 3
1
dari adanya
gempa bumi
Skor nilai (N.P x bobot) + (NP x bobot) +
(NP x bobot) = 30
Skor
anak (N.P x bobot) + (NP
x bobot) + NP x bobot) = 10
3
3. Ungkapkan,
bagaimana perasaan kalian jika suatu saat terjadi gempa bumi dan diantara
saudara ada yang meninggal.
0 komentar:
Posting Komentar