BAB ADZAN |
َبَابُ اَلْأَذَانِِ
|
|
Hadits No. 190 | ||
Abdullah Ibnu Zaid Ibnu Abdi Rabbih berkata:
Waktu saya tidur (saya bermimpi) ada seseorang mengelilingi saya
seraya berkata: Ucapkanlah "Allahu Akbar Allahu Akbar lalu ia
mengucapkan adzan empat kali tanpa pengulangan dan mengucapkan
qomat sekali kecuali "qod Qoomatish sholaat". Ia berkata: Ketika
telah shubuh aku menghadap Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa
Sallam lalu beliau bersabda: "Sesungguhnya ia adalah mimpi yang
benar." Hadits dikeluarkan oleh Ahmad dan Abu Dawud. Shahih menurut
Tirmidzi dan Ibnu Khuzaimah.
|
َعَنْ عَبْدِ اَللَّهِ بْنِ زَيْدِ
بْنِ عَبْدِ رَبِّهِ رضي الله عنه قَالَ: ( طَافَ بِي -وَأَنَا
نَائِمٌ- رَجُلٌ فَقَالَ: تَقُولُ: "اَللَّهُ أَكْبَرَ اَللَّهِ
أَكْبَرُ فَذَكَرَ اَلْآذَانَ - بِتَرْبِيع اَلتَّكْبِيرِ بِغَيْرِ
تَرْجِيعٍ وَالْإِقَامَةَ فُرَادَى إِلَّا قَدْ قَامَتِ اَلصَّلَاةُ -
قَالَ: فَلَمَّا أَصْبَحْتُ أَتَيْتُ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه
وسلم فَقَالَ: "إِنَّهَا لَرُؤْيَا
حَقٍّ..." ) اَلْحَدِيثَ.
أَخْرَجَهُ أَحْمَدُ وَأَبُو دَاوُدَ وَصَحَّحَهُ اَلتِّرْمِذِيُّ
وَابْنُ خُزَيْمَةَ.
|
|
Hadits No. 191 | ||
Ahmad menambahkan pada akhir hadits tentang
kisah ucapan Bilal dalam adzan Shubuh: "Shalat itu lebih baik
daripada tidur."
|
َوَزَادَ
أَحْمَدُ فِي آخِرِهِ قِصَّةَ قَوْلِ بِلَالٍ فِي آذَانِ اَلْفَجْرِ:
( اَلصَّلَاةُ خَيْرٌ مِنَ اَلنَّوْمِ )
|
|
Hadits No. 192 | ||
Menurut riwayat Ibnu Khuzaimah dari Anas r.a ia
berkata: Termasuk sunnah adalah bila muadzin pada waktu fajar telah
membaca hayya 'alash sholaah ia mengucapkan assholaatu khairum
minan naum
|
َوَلِابْنِ
خُزَيْمَةَ: عَنْ أَنَسٍ قَالَ: ( مِنْ اَلسُّنَّةِ إِذَا قَالَ
اَلْمُؤَذِّنُ فِي اَلْفَجْرِ: حَيٌّ عَلَى اَلْفَلَاحِ قَالَ:
اَلصَّلَاةُ خَيْرٌ مِنَ اَلنَّوْمِ )
|
|
Hadits No. 193 | ||
Dari Abu Mahdzurah Radliyallaahu 'anhu bahwa
Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam mengajarinya adzan lalu beliau
menyebut tarji' (mengulangi dua kali). Dikeluarkan oleh Muslim
namun ia hanya menyebutkan takbir dua kali pada permulaan adzan.
Riwayat Imam Lima dengan menyebut takbir empat kali.
|
َعَنْ أَبِي مَحْذُورَةَ رضي الله
عنه ( أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم عَلَّمَهُ اَلْآذَانَ
فَذَكَرَ فِيهِ اَلتَّرْجِيعَ ) أَخْرَجَهُ مُسْلِمٌ. وَلَكِنْ
ذَكَرَ اَلتَّكْبِيرَ فِي أَوَّلِهِ مَرَّتَيْنِ فَقَطْ. وَرَوَاهُ
اَلْخَمْسَةُ فَذَكَرُوهُ مُرَبَّعًا
|
|
Hadits No. 194 | ||
Anas Radliyallaahu 'anhu berkata: Bilal
diperintahkan untuk menggenapkan kalimat adzan dan mengganjilkan
kalimat qomat kecuali kalimat iqomat yakni qod qoomatish sholaah.
Muttafaq Alaihi tetapi Muslim tidak menyebut pengecualian.
|
َوَعَنْ
أَنَسِ]بْنِ
مَالِكٍ] رضي الله عنه قَالَ: ( أُمِرَ بِلَالٌ
أَنْ يَشْفَعَ اَلْآذَانَ وَيُوتِرَ اَلْإِقَامَةَ إِلَّا
اَلْإِقَامَةَ يَعْنِي قَوْلَهُ: قَدْ قَامَتِ اَلصَّلَاةُ )
مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ وَلَمْ يَذْكُرْ مُسْلِمٌ
اَلِاسْتِثْنَاءَ
|
|
Hadits No. 195 | ||
Menurut riwayat Nasa'i: Nabi Shallallaahu
'alaihi wa Sallam memerintahkan Bilal (untuk menggenapkan adzan dan
mengganjilkan qomat).
|
َوَلِلنَّسَائِيِّ:
( أَمَرَ اَلنَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم بِلَالاً )
|
|
Hadits No. 196 | ||
Abu Juhaifah Radliyallaahu 'anhu berkata: Aku
pernah melihat Bilal adzan dan aku perhatikan mulutnya kesana
kemari (komat kamit dan dua jari-jarinya menutup kedua telinganya.
Riwayat Ahmad dan Tirmidzi. Hadits shahih menurut Tirmidzi.
|
َوَعَنْ أَبِي جُحَيْفَةَ رضي
الله عنه قَالَ: ( رَأَيْتُ بِلَالاً يُؤَذِّنُ وَأَتَتَبَّعُ فَاهُ
هَاهُنَا وَهَاهُنَا وَإِصْبَعَاهُ فِي أُذُنَيْهِ ) رَوَاهُ
أَحْمَدُ وَاَلتِّرْمِذِيُّ وَصَحَّحَهُ.
|
|
Hadits No. 197 | ||
Menurut Ibnu Majah: Dia menjadikan dua
jari-jarinya menutup kedua telinganya.
|
َوَلِابْنِ
مَاجَهْ: وَجَعَلَ إِصْبَعَيْهِ فِي أُذُنَيْهِ.
|
|
Hadits No. 198 | ||
Menurut Riwayat Abu Dawud: Dia menggerakkan
lehernya ke kanan dan ke kiri ketika sampai pada ucapan "hayya
'alash sholaah" dan dia tidak memutar tubuhnya. Asal hadits
tersebut dari Bukhari-Muslim.
|
َوَلِأَبِي دَاوُدَ: ( لَوَى
عُنُقَهُ لَمَّا بَلَغَ "حَيَّ عَلَى اَلصَّلَاةِ " يَمِينًا
وَشِمَالاً وَلَمْ يَسْتَدِرْ ).
وَأَصْلِهِ فِي اَلصَّحِيحَيْنِ
|
|
Hadits No. 199 | ||
Dari Abu Mahdzurah Radliyallaahu 'anhu bahwa
Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam kagum dengan suaranya kemudian
beliau mengajarinya adzan. Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah.
|
َوَعَنْ
أَبِي مَحْذُورَةَ رضي الله عنه ( أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه
وسلم أَعْجَبَهُ صَوْتُهُ فَعَلَّمَهُ اَلْآذَانَ ) رَوَاهُ
اِبْنُ خُزَيْمَةَ
|
|
Hadits No. 200 | ||
Jabir Ibnu Samurah berkata: Aku shalat dua I'ed
(Fitri dan Adha) bukan sekali dua kali bersama Nabi Shallallaahu
'alaihi wa Sallam tanpa adzan dan qomat. Riwayat Muslim.
|
َوَعَنْ
جَابِرِ بْنِ سَمُرَةٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: ( صَلَّيْتُ
مَعَ اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم اَلْعِيدَيْنِ غَيْرَ مَرَّةٍ
وَلَا مَرَّتَيْنِ بِغَيْرِ أَذَانٍ وَلَا إِقَامَةٍ ) رَوَاهُ
مُسْلِمٌ
|
|
Hadits No. 201 | ||
Hadits serupa juga ada dalam riwayat Muttafaq
Alaihi dari Ibnu Abbas Radliyallaahu 'anhu dan dari yang
lainnya.
|
َوَنَحْوُهُ
فِي اَلْمُتَّفَقِ: عَنْ اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا
وَغَيْرُهُ
|
|
Hadits No. 202 | ||
Dari Abu Qotadah Radliyallaahu 'anhu dalam
hadits yang panjang tentang mereka yang meninggalkan shalat karena
tidur kemudian Bilal adzan maka Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam
shalat sebagaimana yang beliau lakukan setiap hari. Hadits riwayat
Muslim.
|
َوَعَنْ
أَبِي قَتَادَةٌ فِي اَلْحَدِيثِ اَلطَّوِيلِ ( فِي نَوْمهُمْ عَنْ
اَلصَّلَاةِ - ثُمَّ أَذَّنَ بِلَالٌ فَصَلَّى رَسُولُ اَللَّهِ صلى
الله عليه وسلم كَمَا كَانَ يَصْنَعُ كُلَّ يَوْمٍ ) رَوَاهُ
مُسْلِمٌ
|
|
Hadits No. 203 | ||
Dalam riwayat Muslim yang lain dari Jabir
Radliyallaahu 'anhu bahwa ketika Nabi Shallallaahu 'alaihi wa
Sallam tiba di kota Mudzalifah beliau shalat Maghrib dan Isya'
dengan satu adzan dan dua qomat.
|
ََلَهُ عَنْ
جَابِرٍ; ( أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم أَتَى
اَلْمُزْدَلِفَةَ فَصَلَّى بِهَا اَلْمَغْرِبَ وَالْعِشَاءَ بِأَذَانٍ
وَاحِدٍ وَإِقَامَتَيْنِ )
|
|
Hadits No. 204 | ||
Hadits riwayat Muslim dari Ibnu Umar
Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam
menjamak shalat Maghrib dan Isya' dengan satu kali qomat. Abu Dawud
menambahkan: Untuk setiap kali shalat. Dalam riwayat lain: Tidak
diperintahkan adzan untuk salah satu dari dua shalat
tersebut.
|
ََوَلَهُ عَنْ اِبْنِ عُمَرَ: ( جَمَعَ بَيْنَ
اَلْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ بِإِقَامَةٍ وَاحِدَةٍ ). زَادَ أَبُو
دَاوُدَ: ( لِكُلِّ صَلَاةٍ ). وَفِي رِوَايَةِ
لَهُ: ( وَلَمْ يُنَادِ فِي وَاحِدَةٍ مِنْهُمَا
)
|
|
Hadits No. 205 | ||
Dari Ibnu Umar dan 'Aisyah Radliyallaahu 'anhu
bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda:
"Sesungguhnya Bilal akan beradzan pada malam hari maka makan dan
minumlah sampai Ibnu Maktum beradzan. Ia (Ibnu Maktum) adalah
laki-laki buta yang tidak akan beradzan kecuali setelah dikatakan
kepadanya: Engkau telah masuk waktu Shubuh engkau telah masuk waktu
Shubuh." Muttafaq Alaihi.
|
ََوَعَنْ اِبْنِ عُمَرَ
وَعَائِشَةَ قَالَا: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم
( إِنَّ بِلَالاً يُؤَذِّنُ بِلَيْلٍ فَكُلُوا
وَاشْرَبُوا حَتَّى يُنَادِيَ اِبْنُ أُمِّ
مَكْتُومٍ" وَكَانَ رَجُلاً أَعْمَى
لَا يُنَادِي حَتَّى يُقَالَ لَهُ: أَصْبَحْتَ أَصْبَحْتَ )
مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.
|
|
Hadits No. 206 | ||
Dari Ibnu Umar Radliyallaahu 'anhu bahwa Bilal
beradzan sebelum fajar lalu Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam
menyuruhnya kembali pulang kemudian berseru: "Ingatlah bahwa hamba
itu butuh tidur." Diriwayatkan dan dianggap hadits lemah oleh Abu
Dawud.
|
ََوَعَنْ اِبْنِ عُمَرَ; (
إِنَّ بِلَالاً أَذَّنَ قَبْلَ اَلْفَجْرِ فَأَمَرَهُ اَلنَّبِيُّ صلى
الله عليه وسلم أَنْ يَرْجِعَ فَيُنَادِيَ: "أَلَا إِنَّ اَلْعَبْدَ
نَامَ ) رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ وَضَعَّفَهُ
|
|
Hadits No. 207 | ||
Dari Abu Said Al-Khudry Radliyallaahu 'anhu
bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Apabila
engkau sekalian mendengar adzan maka ucapkanlah seperti yang
diucapkan muadzin." Muttafaq Alaihi.
|
ََوَعَنْ أَبِي سَعِيدٍ
اَلْخُدْرِيِّ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله
عليه وسلم ( إِذَا سَمِعْتُمْ اَلنِّدَاءَ فَقُولُوا مِثْلَ مَا
يَقُولُ اَلْمُؤَذِّنُ ) مُتَّفَقٌ
عَلَيْهِ
|
|
Hadits No. 208 | ||
Dalam riwayat Bukhari dari Muawiyah
Radliyallaahu 'anhu terdapat hadits yang semisalnya.
|
ََوَلِلْبُخَارِيِّ:
عَنْ مُعَاوِيَةَ
|
|
Hadits No. 209 | ||
Menurut Riwayat Muslim dari Umar Radliyallaahu
'anhu tentang keutamaan mengucapkan kalimat per kalimat sebagaimana
yang diucapkan oleh sang muadzin kecuali dua hai'alah (hayya 'alash
sholaah dan hayya 'alal falaah) maka hendaknya mengucapkan la haula
wala quwwata illa billah.
|
ََوَلِمُسْلِمٍ: (
عَنْ عُمَرَ فِي فَضْلِ اَلْقَوْلِ كَمَا يَقُولُ اَلْمُؤَذِّنُ
كَلِمَةً كَلِمَةً سِوَى اَلْحَيْعَلَتَيْنِ فَيَقُولُ: "لَا حَوْلَ
وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاَللَّهِ" )
|
|
Hadits No. 210 | ||
Utsman Ibnu Abul'Ash Radliyallaahu 'anhu
berkata: Wahai Rasulullah jadikanlah aku sebagai imam mereka
perhatikanlah orang yang paling lemah dan angkatlah seorang muadzin
yang tidak menuntut upah dari adzannya." Dikeluarkan oleh Imam
Lima. Hasan menurut Tirmidzi dan shahih menurut Hakim.
|
ََوَعَنْ عُثْمَانَ بْنِ أَبِي
الْعَاصِ رضي الله عنه ( أَنَّهُ قَالَ : يَا رَسُولَ اَللَّهِ
اِجْعَلْنِي إِمَامَ قَوْمِي . قَالَ : "أَنْتَ إِمَامُهُمْ وَاقْتَدِ
بِأَضْعَفِهِمْ وَاِتَّخِذْ مُؤَذِّنًا لَا يَأْخُذُ عَلَى
أَذَانِهِ أَجْرًا ) أَخْرَجَهُ
اَلْخَمْسَةُ وَحَسَّنَهُ اَلتِّرْمِذِيُّ وَصَحَّحَهُ
اَلْحَاكِمُ .
|
|
Hadits No. 211 | ||
Dari Malik Ibnu Huwairits Radliyallaahu 'anhu
bahwa dia berkata: Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah
bersabda pada kami: "Bila waktu shalat telah tiba maka hendaklah
seseorang di antara kamu menyeru adzan untukmu sekalian."
Dikeluarkan oleh Imam Tujuh.
|
ََوَعَنْ مَالِكِ بْنِ الْحُوَيْرِثِ
رضي الله عنه قَالَ : قَالَ لَنَا اَلنَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم
( وَإِذَا حَضَرَتِ اَلصَّلَاةُ فَلْيُؤَذِّنْ لَكُمْ
أَحَدُكُمْ . . . ) اَلْحَدِيثَ أَخْرَجَهُ
اَلسَّبْعَةُ .
|
|
Hadits No. 212 | ||
Dari Jabir Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda kepada Bilal: "Jika engkau
menyeru adzan perlambatlah dan jika engkau qomat percepatlah dan
jadikanlah antara adzan dan qomatmu itu kira-kira orang yang makan
telah selesai dari makannya." Hadits diriwayatkan dan dianggap
lemah oleh Tirmidzi.
|
ََوَعَنْ جَابِرٍ رضي الله عنه أَنَّ
رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ لِبِلَالٍ :
( إِذَا أَذَّنْتَ فَتَرَسَّلْ وَإِذَا
أَقَمْتُ فَاحْدُرْ وَاجْعَلْ بَيْنَ أَذَانِكَ وَإِقَامَتِكَ
قَدْرَ مَا يَفْرُغُ اَلْآكِلُ مِنْ أَكْلِهِ
) اَلْحَدِيثَ . رَوَاهُ
اَلتِّرْمِذِيُّ وَضَعَّفَهُ .
|
|
Hadits No. 213 | ||
Dalam riwayatnya pula dari Abu Hurairah Radliyallaahu
'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Tidak
diperkenankan adzan kecuali orang yang telah berwudlu." Hadits
tersebut juga dinilai lemah.
|
ََوَلَهُ
: عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله
عليه وسلم قَالَ : ( لَا يُؤَذِّنُ إِلَّا مُتَوَضِّئٌ )
وَضَعَّفَهُ أَيْضًا
|
|
Hadits No. 214 | ||
Dalam riwayatnya yang lain dari Ziyad Ibnul
Harits bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda:
"barangsiapa yang telah adzan maka dia yang akan qomat." Hadits ini
juga dinilai lemah.
|
ََوَلَهُ
: عَنْ زِيَادِ بْنِ اَلْحَارِثِ رضي الله عنه قَالَ : قَالَ رَسُولُ
اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( وَمَنْ أَذَّنَ فَهُوَ يُقِيمُ )
وَضَعَّفَهُ أَيْضًا
|
|
Hadits No. 215 | ||
Menurut riwayat Abu Dawud dari hadits Abdullah
Ibnu Zaid bahwa dia berkata: Aku telah memimpikannya yaitu mimpi
beradzan dan aku menginginkannya. Maka Rasulullah saw bersabda:
"Baik qomatlah engkau." Hadits ini juga lemah.
|
ََوَلِأَبِي
دَاوُدَ: فِي حَدِيثِ عَبْدِ اَللَّهِ بْنِ زَيْدٍ أَنَّهُ قَالَ :
أَنَا رَأَيْتُهُ - يَعْنِي : اَلْأَذَانُ - وَأَنَا كُنْتُ أُرِيدُهُ
. قَالَ : "فَأَقِمْ أَنْتَ " وَفِيهِ ضَعْفٌ
أَيْضًا
|
|
Hadits No. 216 | ||
Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa
Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Muadzin itu
lebih berhak untuk adzan dan imam itu lebih berhak untuk qomat."
Diriwayatkan dan dianggap lemah oleh Ibnu Adiy.
|
ََوَعَنْ
أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ : قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى
الله عليه وسلم ( اَلْمُؤَذِّنُ أَمْلَكُ بِالْأَذَانِ
وَالْإِمَامُ أَمْلَكُ بِالْإِقَامَةِ ) رَوَاهُ اِبْنُ عَدِيٍّ
وَضَعَّفَهُ
|
|
Hadits No. 217 | ||
Menurut riwayat Baihaqi ada hadits semisal dari
Ali Radliyallaahu 'anhu dari perkataannya sendiri.
|
ََوَلِلْبَيْهَقِيِّ
نَحْوُهُ : عَنْ عَلِيٍّ مِنْ قَوْلِهِ
|
|
Hadits No. 218 | ||
Dari Anas Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Doa antara adzan dan
qomat itu tidak akan ditolak." Riwayat Nasa'i dan dianggap lemah
oleh Ibnu Khuzaimah.
|
ََوَعَنْ أَنَسٍ رضي الله
عنه قَالَ : قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( لَا يُرَدُّ
اَلدُّعَاءُ بَيْنَ اَلْأَذَانِ وَالْإِقَامَةِ ) رَوَاهُ
النَّسَائِيُّ وَصَحَّحَهُ اِبْنُ خُزَيْمَةَ
|
|
Hadits No. 219 | ||
Dari Jabir Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu
'alaihi wa Sallam bersabda: "Barangsiapa yang ketika mendengar
adzan berdoa: Allaahumma robba haadzihi da'watit taammati was
sholaatil qooimati aati Muhammadanil washiliilata wal fadliilata
wab 'atshu maqooman mahmuudal ladzi wa'adtahu (artinya: Ya Allah
Tuhan panggilan yang sempurna dan sholat yang ditegakkan berilah
Nabi Muhammad wasilah dan keutamaan dan bangunkanlah beliau dalam
tempat yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan) maka dia
akan memperoleh syafaat dariku pada hari Kiamat." Dikeluarkan oleh
Imam Empat.
|
ََوَعَنْ
جَابِرٍ- رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُ- أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله
عليه وسلم قَالَ : ( مَنْ قَالَ حِينَ يَسْمَعُ اَلنِّدَاءَ :
اَللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ اَلدَّعْوَةِ اَلتَّامَّةِ
وَالصَّلَاةِ اَلْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا اَلْوَسِيلَةَ
وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا اَلَّذِي
وَعَدْتَهُ حَلَّتْ لَهُ شَفَاعَتِي يَوْمَ اَلْقِيَامَةِ
) أَخْرَجَهُ اَلْأَرْبَعَةُ .
|
|
0 komentar:
Posting Komentar