About

MTs Al Isthakhariyyah Pamalayan

Kamis, 12 Maret 2015

Mamfaat Rebung ( Iwung ) Untuk Kesehatan

Rebung Bambu Kuning Atasi Liver Dan Hepatitis




Rebung merupakan tunas bambu yang baru tumbuh. Rebung banyak digunakan oleh masyarakat pulau Jawa sebagai bahan baku membuat sayur bung maupun bahan isian lumpia khas semarang. Namun tak semua orang menyukai bahan ini disebabkan aroma pesing yang keluar dari tunas bambu ini saat diolah.
Rebung yang biasa digunakan sebagai bahan sayuran biasanya diambil dari jenis bambu petung. Jenis bambu ini perkembangbiakannya sangat cepat tidak seperti bambu kuning. Selain besar, tunas bambu petung rasanya juga lebih manis, berbeda dengan tunas bambu kuning yang terasa jetar dan agak pahit, itulah salah satu alasan mengapa rebung bambu kuning tidak digunakan sebagai bahan sayuran. Namun jangan salah, bukan berarti rebung bambu kuning tidak memiliki manfaat, justru rebung bambu kuning merupakan salah satu bahan yang banyak dicari namun sulit.
Rebung bambu kuning atau Bambusa vulgaris memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, sebab dalam rebung bambu kuning menurut hasil penelitian memiliki kandungan iavonoida, saponin, dan senyawa Hidroksi bemsaldehid. Rebung bambu kuning banyak digunakan oleh para pasien hepatitis untuk menyembuhkan dan mempercepat proses penyembuhan. Caranya sangat mudah:
Bahan :
  • 1 buah rebung bambu kuning
  • 100 gr gula batu
  • 1 liter air
Cara membuat ramuan
  1. Kupas kulit luar rebung bambu kuning, kemudian cuci hingga bersih
  2. Iris-iris bambu kuning sesuai selera, kemudian rebus bersama 1 liter air sampai air hanya tinggal 500 ml
  3. Tambahkan gula batu dan aduk sampai gula larut
  4. Minumkan setiap pagi dan sore pada pasien hepatitis maupun liver
Selamat mencoba

0 komentar:

Posting Komentar