About

MTs Al Isthakhariyyah Pamalayan

Rabu, 28 Januari 2015

kajadian luar biasa (KLB) di Ciamis

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, drg. Engkan Iskandar, menjelaskan, terdapatnya puluhan warga yang mengalami gangguan jiwa di Desa Budiasih, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, bukan merupakan kajadian luar biasa (KLB). Sementara terkait hingga puluhan warga yang mengalami sakit jiwa, menurutnya, terjadi hanya secara kebetulan.
“Artinya, kasus ini terjadi tidak serentak atau dalam waktu yang bersamaan. Tetapi, masing-masing penderita mengalami gangguan jiwa pada waktu yang berbeda-beda,” katanya, kepada HR, Selasa (27/01/2015). [Baca juga: Tim Dokter Periksa 51 Penderita Sakit Jiwa di Desa Budiasih Ciamis]
Menurut Engkan, meski warga setempat menganggap kasus gangguan jiwa ini terjadi akibat dari penularan satu sama lainnya, namun secara medis asumsi itu dimentahkan. Karena, kata dia, gangguan jiwa bukan merupakan penyakit menular.
“Kita juga sembari memberikan pemahaman kepada warga bahwa gangguan jiwa ini tidak menular. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi keresahan di masyarakat,” katanya. (Bgj/Koran-HR)

0 komentar:

Posting Komentar