About

MTs Al Isthakhariyyah Pamalayan

Jumat, 16 Januari 2015

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) MADRASAH TERBAIK




MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AL-ISTHAKHARIYYAH

Assalamu’alaikum Wr. Wb
A.      MUQADDIMAH
Alhamdulillahirabbil’aalamiin, segala puji bagi Allah Swt yang telah memberikan berjuta nikmat kepada kita semua, atas berkat rahmat dan kuasaNya lah kita semua bisa bertemu ditempat yang Insya Allah diberkahi nikmatNya.
Segala puji bagi Allah Swt yang telah menciptakan manusia dengan ciptaan yang terbaik            
 ôs)s9 $uZø)n=y{ z`»|¡SM}$# þÎû Ç`|¡ômr& 5OƒÈqø)s? ÇÍÈ  
“Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.”
Dan Allah jugalah yang telah telah menciptakan bumi beserta isinya untuk dikelola oleh manusia,
uqèd Ï%©!$# šYn=y{ Nä3s9 $¨B Îû ÇÚöF{$# $YèŠÏJy_ §NèO #uqtGó$# n<Î) Ïä!$yJ¡¡9$# £`ßg1§q|¡sù yìö7y ;Nºuq»yJy 4 uqèdur Èe@ä3Î/ >äóÓx« ×LìÎ=tæ ÇËÒÈ  
“Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. dan Dia Maha mengetahui segala sesuatu.”
Begitu juga dengan tugas manusia untuk mengatur dan mengambil manfaat dunia atas perintah Allah Swt
§NèO öNä3»oYù=yèy_ y#Í´¯»n=yz Îû ÇÚöF{$# .`ÏB öNÏdÏ÷èt/ tÝàZoYÏ9 y#øx. tbqè=yJ÷ès? ÇÊÍÈ  
“kemudian Kami jadikan kamu pengganti-pengganti (mereka) di muka bumi sesudah mereka, supaya Kami memperhatikan bagaimana kamu berbuat.”
Dalam proses pengelolaan bumi, maka Allah Swt menurunkan aturan-aturan yang tertera dalam kitab suci umat islam yaitu alquran yang diwahyukan kepada junjungan kita semua Habibana Wanabiyana Muhammad Saw. Konsep inilah yang harus diterapkan oleh umat manusia sebagai pegangan hidup sebab jikalau kita semua meninggalkan pegangan hidup kita, maka tunggulah kehancuran dan kerusakan bumi ini sesuai apa yang disabdakan oleh Nabi Muhammad Saw.
Sebagai latihan dasar kepemimpinan bagi siswa disekolah, OSIS adalah salah satu komponen yang bertanggung jawab terhadap masa depan agama, bangsa, dan negara oleh karena itu kesempatan dan potensi yang dimiliki harus digunakan dengan sebenar-benarnya. Menjadi siswa dan siswi yang bertaqwa kepada Allah Swt, beraqidah mantap, berahlak mulia, dan berintelektual tinggi serta bermanfaat bagi lingkungannya itu adalah perintah Allah Swt seperti yang tertera dalam firmanNya:
$pkšr'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#qãYtB#uä (#qà)®?$# ©!$# ¨,ym ¾ÏmÏ?$s)è? Ÿwur ¨ûèòqèÿsC žwÎ) NçFRr&ur tbqßJÎ=ó¡B ÇÊÉËÈ  
“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam Keadaan beragama Islam.”
$yJ¯RÎ) šcqãZÏB÷sßJø9$# tûïÏ%©!$# #sŒÎ) tÏ.èŒ ª!$# ôMn=Å_ur öNåkæ5qè=è% #sŒÎ)ur ôMuÎ=è? öNÍköŽn=tã ¼çmçG»tƒ#uä öNåkøEyŠ#y $YZ»yJƒÎ) 4n?tãur óOÎgÎn/u tbqè=©.uqtGtƒ ÇËÈ   šúïÏ%©!$# šcqßJÉ)ムno4qn=¢Á9$# $£JÏBur öNßg»uZø%yu tbqà)ÏÿZムÇÌÈ   y7Í´¯»s9'ré& ãNèd tbqãZÏB÷sßJø9$# $y)ym 4 öNçl°; ìM»y_uyŠ yYÏã óOÎgÎn/u ×otÏÿøótBur ×-øÍur ÒOƒÌŸ2 ÇÍÈ  
“Sesungguhnya orang-orang yang beriman[594] ialah mereka yang bila disebut nama Allah[595] gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakal.
(yaitu) orang-orang yang mendirikan shalat dan yang menafkahkan sebagian dari rezki yang Kami berikan kepada mereka.
Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. mereka akan memperoleh beberapa derajat ketinggian di sisi Tuhannya dan ampunan serta rezki (nikmat) yang mulia.
žcÎ) Îû È,ù=yz ÏNºuq»yJ¡¡9$# ÇÚöF{$#ur É#»n=ÏF÷z$#ur È@øŠ©9$# Í$pk¨]9$#ur ;M»tƒUy Í<'rT[{ É=»t6ø9F{$# ÇÊÒÉÈ   tûïÏ%©!$# tbrãä.õtƒ ©!$# $VJ»uŠÏ% #YŠqãèè%ur 4n?tãur öNÎgÎ/qãZã_ tbr㍤6xÿtGtƒur Îû È,ù=yz ÏNºuq»uK¡¡9$# ÇÚöF{$#ur $uZ­/u $tB |Mø)n=yz #x»yd WxÏÜ»t/ y7oY»ysö6ß $oYÉ)sù z>#xtã Í$¨Z9$# ÇÊÒÊÈ  
“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,
(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan Kami, Tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha suci Engkau, Maka peliharalah Kami dari siksa neraka.”
Atas berkat rahmat Allah Swt serta sadar akan tugas dan tanggung jawab sebagai siswa MTs AL-ISTHAKHARIYYAH, maka dibentuklah suatu wadah yang bernama “Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MTs AL-ISTHAKHARIYYAH Pamalayan”, dengan I’tikad suci, berusaha mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur dan penuh dengan ampunan serta perlindunga Allah Swt.
ôs)s9 tb%x. :*t7|¡Ï9 Îû öNÎgÏYs3ó¡tB ×ptƒ#uä ( Èb$tG¨Yy_ `tã &ûüÏJtƒ 5A$yJÏ©ur ( (#qè=ä. `ÏB É-øÍh öNä3În/u (#rãä3ô©$#ur ¼çms9 4 ×ot$ù#t/ ×pt6ÍhsÛ ;>uur Öqàÿxî ÇÊÎÈ  
“Sesungguhnya bagi kaum Saba' ada tanda (kekuasaan Tuhan) di tempat kediaman mereka Yaitu dua buah kebun di sebelah kanan dan di sebelah kiri. (kepada mereka dikatakan): "Makanlah olehmu dari rezki yang (dianugerahkan) Tuhanmu dan bersyukurlah kamu kepada-Nya. (Negerimu) adalah negeri yang baik dan (Tuhanmu) adalah Tuhan yang Maha Pengampun".”

OSIS MTs AL-ISTHAKHARIYYAH Pamalayan merupakan satu-satunya Organisasi Siswa di MTs AL-ISTHAKHARIYYAH Pamalayan, yang mempunyai struktur sebagai berikut:
1.       OSIS MTs AL-ISTHAKHARIYYAH Pamalayan dibawah pimpinan Pengasuh Pondok Pesantren AL-ISTHAKHARIYYAH sebagai Dewan Penasehat  OSIS MTs AL-ISTHAKHARIYYAH Pamalayan.
2.       OSIS MTs AL-ISTHAKHARIYYAH Pamalayan dibawah pimpinan Majelis Pembina OSIS MTs AL-ISTHAKHARIYYAH Pamalayan.
3.       Majelis Perwakilan Kelas sebagai Legislatif dan Yudikatif.
4.       Pengurus OSIS MTs AL-ISTHAKHARIYYAH sebagai Eksekutif.
5.       Kekayaan OSIS MTs AL-ISTHAKHARIYYAH diperoleh dari anggota, usaha yang halal, sumbangan lain yang tidak mengikat, dan subsidi dari MTs AL- ISTHAKHARIYYAH.

B.      VISI, MISI DAN TUJUAN
1.       VISI
“Menjadi Insan yang Bertanggung jawab, Dapat Dipercaya dengan Kerja sama dan Sama-sama Kerja sebagai Pelatihan Calon Pemimpin Masa Depan yang mengedepankan Ahlaqul Karimah dan Kompetitif dalam Prestasi”.
2.       MISI
“Mengembangkan Pendekatan Personal menuju Generasi yang Jujur dan Berdedikasi serta Membiasakan Hidup Inovatif, Kreatif dan Inspiratif dengan Mengaplikasikan Suri Tauladan Rasulullah Saw dalam Kepemimpinan.
3.       TUJUAN
“Terwujudnya Siswa-Siswi MTs yang bertaqwa kepada Allah Swt, beraqidah mantap, berahlak mulia dan berintelektual tinggi serta berguna bagi agama, bangsa dan negara.
C.      STRATEGI PROGRAM KERJA
1.       Ketua OSIS
Strategi pada program ini mengarah pada tuntutan sebagai ketua OSIS untuk memimpin organisasi, memimpin rapat dengan menetapkan kebijaksanaan berdasarkan mufakat dan mengevaluasi kinerja para anggotanya.
2.       Wakil Ketua
Strategi pada program ini mengarah pada kontribusi wakil ketua untuk bersama-sama membantu ketua dalam kepemimpinan organisasi, memberikan saran sebagai bahan pertimbangan kepada ketua dan menggantikan posisi ketua jikalau ketua sedang berhalangan.
3.       Sekretaris
Strategi pada program ini mengarah pada penyiapan, pendistribusian surat dan arsip yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan serta bertindak sebagai notulis dalam rapat, dan bertanggung jawab atas administrasi organisasi.
4.       Bendahara 
Strategi pada program ini mengarah pada pertanggung jawaban dan mengetahui segala pemasukan atau pengeluaran yang diperlukan dengan membuat tanda bukti atau kuitansi pemasukan dan pengeluaran, serta bertanggung jawab atas inventaris, pembendaharaan dan menyampaikan laporan keuangan secara berkala.
5.       Bidang Pendidikan dan Dakwah
Strategi pada program ini mengarah pada kegiatan yang bersifat bimbingan prestasi siswa dan kegiatan keagamaan, serta hal-hal yang bernuansa pendidikan dan dakwah, seperti: Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) dan Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN).
6.       Bidang Jurnalistik
Strategi pada program bidang ini mengedepankan kompetisi penulisan karya ilmiah bagi siswa-siswi yang dikemas dalam beberapa media yaitu: Mading dan Buletin SUPI.
7.       Bidang Olahraga dan Seni
Strategi pada program bidang ini berorientasi pada pembiasaan siswa-siswi untuk berkreasi dibidang seni dan olahraga, seperti: sepak bola, futsal, volly ball, drama, tilawah, dan lain-lain.
8.       Bidang Kewirausahaan
Strategi pada program bidang ini melatih siswa-siswi untuk belajar berwirausaha secara mandiri, agar selalu siap terjun di masyarakat secara sempurna. Seperti: PKK Mini, Warung dan Apotek hidup serta Peternakan dan Pertanian.
9.       Bidang Keamanan dan Kebersihan
Strategi pada program bidang ini memantapkan proses kaderisasi siswa-siswi untuk lebih mandiri dalam berfikir dan bertindak serta peduli terhadap keamanan, kebersihan lingkungan sekitar sekolah, melalui kegiatan bakti sosial, serta gerakan disiplin sekolah, piket harian dan lain-lain.



CATATAN: Semua kegiatan yang direncanakan dan akan dilaksanakan disekolah harus dikordinasikan dan kerjasama pengurus pesantren.


Wassalamu’alaikum. Wr. Wb.


Pamalayan, 23 Jumadil Awwal 1433 H.
16 April 2012

MTs Al-Isthakhariyyah Pamalayan Ciamis











0 komentar:

Posting Komentar