About

MTs Al Isthakhariyyah Pamalayan

Rabu, 28 Januari 2015

Penyebab Sakit Jiwa

Dinas Kesehatan sudah melakukan penelusuran dan wawancara kepada seluruh keluarga pasien sakit jiwa di Desa Budiasih, Kecamatan Sinangkasih, Kabupaten Ciamis. Langkah itu dilakukan guna mengetahui riwayat dan penyebab masing-masing penderita hingga mengalami gangguan kejiwaan. Hasil penelurusan diketahui penyebabnya berbeda-beda.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, drg. Engkan Iskandar, mengatakan, menelusuri riwayat masing-masing penderita sakit jiwa di Desa Budiasih sangat diperlukan. Hal itu untuk menjawab rasa penasaran publik menyusul tingginya angka penderita sakit jiwa di daerah tersebut. [Baca juga: Tim Dokter Periksa 51 Warga Desa Budiasih Ciamis yang Dilaporkan Sakit Jiwa]
“Publik pasti bertanya-tanya kenapa hingga puluhan orang dalam satu kampung bisa mengalami sakit jiwa. Pertanyaan itu tentunya harus segera dijawab, agar tidak terjadi simpang siur informasi,” katanya, kepada HR, Selasa (27/01/2015).
Menurut Engkan, penyebab puluhan warga Desa Budiasih mengalami sakit jiwa ternyata beragam. Diantaranya ada yang sakit jiwa karena ditinggal suami meninggal, karena usahanya gagal dan karena himpitan ekonomi. “Hanya, yang paling dominan, penyebabnya karena himpitan ekonomi. Karena dari 26 penderita itu rata-rata ekonomi keluarganya menengah ke bawah,” ujarnya. [Baca juga: Kadinkes Ciamis: Puluhan Warga Desa Budiasih Sakit Jiwa Bukan KLB]
Engkan menambahkan, meski rumah penderita satu dengan yang lainnya tidak saling berjauhan, namun tidak ada keterkaitan mengenai riwayat dan penyebab hingga mereka mengalami sakit jiwa.
“Contohnya, penderita A mengalami sakit jiwa penyebabnya karena usahanya bangkrut. Sementara tetangganya atau penderita B mengalami sakit jiwa karena ditinggal mati suaminya. Dengan begitu, penyebabnya tidak saling berkaitan,” terangnya. (Bgj/Koran-HR)

0 komentar:

Posting Komentar