KELAS: VII
REKAYASA
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai keberagaman
produk rekayasa di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan
|
2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan
rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang keberagaman
produk rekayasa daerah setempat
sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia
2.2
Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan
mandiri dalam merancang dan membuat produk rekayasa
2.3
Menunjukkan kemauan bertoleransi, disiplin dan
bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat
melakukan berbagai kegiatan pembuatan produk rekayasa
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami prosedur rekayasa yang
digunakan sebagai alat penjernih air dari bahan alami
3.2
Mengidentifikasi bahan, material dan alat bantu
yang digunakan sebagai alat penjernih air dengan bahan buatan yang ada di daerah setempat dan
daerah lain
3.3
Memahami prosedur rekayasa yang
digunakan sebagai produk sederhana dengan
teknologi mekanik
3.4
Mengidentifikasi bahan, material dan alat bantu
yang digunakan sebagai mainan dengan
teknologi
mekanik yang ada di daerah setempat dan daerah lain
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Mencoba membuat alat penjernih air dari bahan
alami yang ada di lingkungan sekitar
4.2
Mencoba membuat alat penjernih air dari bahan
buatan yang ada di lingkungan sekitar
4.3
Mencoba membuat
produk sederhana menggunakan teknologi mekanik (gerak, putar, ungkit dan sebagainya)
4.4
Mencoba membuat mainan menggunakan teknologi
mekanik
|
0 komentar:
Posting Komentar