Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM )
adalah “acuan atau pedoman dasar dalam
menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik”
Rambu rambu penetapan KKM
1. Kapan
KKM ditetapkan ?
2. Siapa
yang menetapkan KKM
3. Nilai
KKM dinyatakan dalam bentuk bilangan apa?
4. Maksimal
Nilai ketuntasan belajar berapa?
5. Apakah
sekolah dapat menetapkan nilai KKM kurang dari nilai maksimal KKM?
6. Apakah
nilai KKM perlu dicantumkan di dalam LHBS
RAMBU-RAMBU
Ø
KKM
ditetapkan pada awal tahun pelajaran
Ø
KKM
ditetapkan oleh forum MGMP sekolah
Ø
Nilai KKM
dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat dengan rentang 0 – 100
Ø
Nilai
ketuntasan belajar maksimal adalah 100
Ø
Sekolah dapat
menetapkan KKM dibawah nilai ketuntasan belajar maksimal
Ø
Nilai KKM
harus dicantumkan dalam LHBS
MEKANISME/LANGKAH-LANGKAH :
Dalam
menetapkan KKM mapel unsur apa yang dianalisis?
Unsur-unsur apa yang dianalisis pada indikator untuk menetapkan
KKM?
Ø Kompleksitas
Materi
Ø Daya
dukung
Ø Intake
§
Kapan dikatakan Materi
Komleks?
§
Apa yang termasuk daya dukung?
§
Intake itu apa?
TINGKAT
KOMPLEKSITAS
1. Kesulitan
& Kerumitan) setiap IP/KD yang harus dicapai oleh siswa.
2. Tingkat
Kompleksitas Tinggi, bila dalam pelaksanaannya menuntut :
3. SDM
a. memahami
Kompetensi yang harus dicapai Siswa
b. kreatif
dan inovatif dalam melaksanakan pembelajaran.
4. WAKTU
a. cukup
lama karena perlu pengulangan
b. PENALARAN
dan KECERMATAN siswa yang tinggi.
DAYA DUKUNG
Kemampuan Sumberdaya Pendukung : yaitu ketersediaan
tenaga, sarana dan prasarana pendidikan yang sangat dibutuhkan, BOP, manajemen
sekolah, kepedulian stakeholders sekolah.
INTAKE
Kemampuan
yang dimiliki oleh peserta dididk atau input yang diterima
Format penetapan KKM
Kompetensi
dasar dan Indikator
|
Kriteria
Ketuntasan Minimal
|
|||
Kriteria
Penetapan Ketuntasan
|
Nilai
KKM
|
|||
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake
|
||
1.1.
Mendeskripsikan hakikat bangsa
dan unsur-unsur terbentuknya negara
|
Menafsirkan Kriteria Menjadi Nilai
A. Dengan memberikan poin pada setiap kriteria yang ditetapkan :
|
|
1. Kompleksitas :
|
Tinggi =
1
|
Sedang = 2
|
|
Rendah = 3
|
|
2.
Daya dukung :
|
Tinggi = 3
|
Sedang = 2
|
|
Rendah = 1
|
|
3. Intake :
|
Tinggi = 3
|
Sedang = 2
|
|
Rendah = 1
|
|
Jika indikator
memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya dukung tinggi dan intake
peserta didik sedang à nilainya adalah
;
|
MENAFSIRKAN KRITERIA MENJADI NILAI
B. Dengan
menggunakan rentang nilai pada setiap kriteria, misalnya:
|
|||
1. Kompleksitas :
|
Tinggii
|
=
|
50 -
64
|
Sedang
|
=
|
65
- 80
|
|
Rendah
|
=
|
81 -
100
|
|
2. Daya dukung :
|
Tinggi
|
=
|
81 -
100
|
Sedang
|
=
|
65 -
80
|
|
Rendah
|
=
|
50
- 64
|
|
3. Intake :
|
Tinggi
|
=
|
81 -
100
|
Sedang
|
=
|
65
- 80
|
|
Rendah
|
=
|
50
- 64
|
|
Jika indikator
memiliki Kriteria : kompleksitas sedang, daya dukung tinggi dan intake sedang
à nilainya adalah
rata-rata setiap nilai dari kriteria yang ditentukan.
Dalam menentukan
rentang nilai dan menentukan nilai dari setiap kriteria perlu kesepakatan
forum MGMP di Sekolah.
|
MENAFSIRKAN KRITERIA MENJADI NILAI
C. Dengan memberikan pertimbangan professional
judgement pada setiap kriteria untuk menetapkan nilai :
1. Kompleksitas : - Tinggi
- Sedang
-
Rendah
2. Daya dukung : - Tinggi
-
Sedang
-
Rendah
3. Intake : - Tinggi
- Sedang
Contoh :
Jika indikator memiliki Kriteria :
kompleksitas rendah, daya dukung tinggi dan intake peserta didik sedang à maka dapat dikatakan ada
dua komponen yang mempengaruhi untuk dapat mencapai ketuntasan maksimal 100 yaitu kompleksitas
rendah dan daya dukung tinggi. Jadi guru dapat mengurangi nilai menjadi antara
90 – 80.
Bagaimana menentukan Intake Siswa
Baru?
Ø KKM Kelas VII dapat didasarkan pada hasil seleksi PSB,
NUN Nilai Ijasa, Rapor kelas 6 SD, tes seleksi masuk atau psikotes
Ø KKM Kelas VIII dan IX didasarkan pada tingkat
pencapaian KKM peserta didik pada semester atau kelas sebelumnya
Contoh analisis dengan Format A
Kompetensi dasar dan Indikator
|
Kriteria Ketuntasan Minimal
|
|||
Kriteria Penetapan Ketuntasan
|
Nilai
KKM
|
|||
Kompleksitas
|
Daya dukung
|
Intake
|
||
1.1.
Mendeskripsikan hakikat bangsa
dan unsur-unsur terbentuknya negara
§ Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk
sosial
§ Menguraikan pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa
§ Menganalisis pengertian negara dan unsur
terbentuknya Negara
|
rendah
3
tinggi
1
sedang
2
|
tinggi
3
sedang
2
Tinggi
3
|
sedang
2
sedang
2
Sedang
2
|
89
56
78
|
Nilai KKM
KD
|
74
|
Contoh
perhitungan :
Contoh analisis dengan Format B
Kompetensi dasar dan
Indikator
|
Kriteria Ketuntasan Minimal
|
|||
Kriteria Penetapan
Ketuntasan
|
Nilai KKM
|
|||
Komplesitas
|
Daya Dukung
|
Intake
|
||
1.1.
Mendeskripsikan hakikat bangsa
dan unsur-unsur terbentuknya negara
|
sedang
75
tinggi
55
sedang
78
|
tinggi
90
sedang
80
tinggi
85
|
sedang
70
sedang
70
sedang
70
|
78
68
78
|
Nilai KKM KD
|
75
|
Contoh perhitungan ;
Contoh Menentukan Nilai KKM
KI
KD
Indk.
|
Kriteria ketuntasan Minimal
|
|||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan
|
Nilai KKM
|
|||||
Komplesitas
|
Daya Dukung
|
Intake
|
Indk.
|
KD
|
KI
|
|
SK1
KD1
Indk 1
2
3
|
3
3
2
|
3
3
2
|
2
2
2
|
89
89
67
|
82
|
78
|
KD2
Indk 1
2
3
|
3
2
1
|
3
3
2
|
2
2
2
|
89
78
56
|
74
|
|
SK2
KD1
Indk 1
2
3
|
2
2
1
|
2
2
2
|
2
2
2
|
67
67
56
|
63
|
63
|
Nilai KKM KI
|
71
|
Nilai KKM
Indikator
Nilai KKM KD
Nilai KKM SK
/ KI
Nilai KKM
Mata Pelajaran :
Apa mamfaatnya mengetahui tingkat ketercapaian
KKM yang telah ditetapkan?
Ø Manfaat Analisis : untuk
mengetahui kekurangan dan kelebihan serta potensi yang ada di sekolah (Sarana,
prasarana, SDM, lingkungan dsb).
Ø Sebagai dasar untuk
menetapkan KKM pada tahun berikutnya.
Perlu menjadi perhatian kita,Semoga
;
1.
KKM bukanlah sebuah kesepakatan tanpa
analisis
2.
KKM yang kita analisis dengan butuh pengorbanan peikiran, waktu dan tenaga,
kita capai dengan hanya sekedar menetapkan nilai di atas KKM tanpa pengorbanan
3.
KKM tidak dijadikan hal yang menakutkan oleh guru kepada siswa di kelas, tetapi
dijadikan motivasi untuk mencapai target.
4.
KKM dalam proses tidak dijadikan kebanggaan oleh guru ketika tidak dicapai oleh
siswa. Dengan bangga mengatakan pelajarannya memang sulit. Tetapi malulah
karena KKM-nya tidak tercapai.
0 komentar:
Posting Komentar