About

MTs Al Isthakhariyyah Pamalayan

Jumat, 16 Januari 2015

MENENTUKAN NILAI KKM






Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM ) adalah “acuan atau pedoman dasar dalam menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik”

Rambu rambu penetapan KKM
1.    Kapan KKM ditetapkan ?
2.    Siapa yang menetapkan KKM
3.    Nilai KKM dinyatakan dalam bentuk bilangan apa?
4.    Maksimal Nilai ketuntasan belajar berapa?
5.    Apakah sekolah dapat menetapkan nilai KKM kurang dari nilai maksimal KKM?
6.    Apakah nilai KKM perlu dicantumkan di dalam LHBS

RAMBU-RAMBU
Ø KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran
Ø KKM ditetapkan oleh forum MGMP sekolah
Ø Nilai KKM dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat dengan rentang 0 – 100
Ø Nilai ketuntasan belajar maksimal adalah 100
Ø Sekolah dapat menetapkan KKM dibawah nilai ketuntasan belajar maksimal
Ø Nilai KKM harus dicantumkan dalam LHBS

MEKANISME/LANGKAH-LANGKAH :
Dalam menetapkan KKM mapel unsur apa yang dianalisis?


 




Unsur-unsur apa yang dianalisis pada indikator untuk menetapkan KKM?
Ø  Kompleksitas Materi
Ø  Daya dukung
Ø  Intake

§   Kapan dikatakan Materi Komleks?
§    Apa yang termasuk daya dukung?
§    Intake itu apa?

TINGKAT KOMPLEKSITAS
1.      Kesulitan & Kerumitan) setiap IP/KD yang harus dicapai oleh siswa.
2.      Tingkat Kompleksitas Tinggi, bila dalam pelaksanaannya  menuntut :
3.       SDM        
a.      memahami Kompetensi yang harus dicapai Siswa
b.      kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pembelajaran.
4.      WAKTU
a.      cukup lama karena perlu pengulangan
b.      PENALARAN dan KECERMATAN siswa yang tinggi.



DAYA DUKUNG
Kemampuan Sumberdaya Pendukung : yaitu ketersediaan tenaga, sarana dan prasarana pendidikan yang sangat dibutuhkan, BOP, manajemen sekolah, kepedulian stakeholders sekolah.

INTAKE
Kemampuan yang dimiliki oleh peserta dididk atau input yang diterima

Format penetapan KKM
Kompetensi dasar dan Indikator
Kriteria Ketuntasan Minimal
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Nilai
KKM
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
1.1. Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara
  • Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
  • Menguraikan  pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa
  • Menganalisis  pengertian negara dan unsur  terbentuknya Negara





Menafsirkan Kriteria Menjadi Nilai
A. Dengan memberikan poin pada setiap kriteria yang ditetapkan :
 1. Kompleksitas          :
Tinggi      =  1
Sedang    = 2
Rendah    = 3
2. Daya dukung           :
Tinggi      = 3
Sedang   = 2
Rendah   = 1
 3. Intake           :        
Tinggi      = 3
Sedang   = 2
Rendah   = 1
Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya dukung tinggi dan intake peserta didik sedang à nilainya adalah ;

                                                                             



MENAFSIRKAN KRITERIA MENJADI NILAI
B. Dengan menggunakan rentang nilai pada setiap kriteria, misalnya:
1.  Kompleksitas :
Tinggii
=
50   -   64
Sedang
=
 65   -   80
Rendah
=
81   -  100
2. Daya dukung :
Tinggi
=
81   -  100
Sedang
=
65   -   80
Rendah
=
 50   -   64
3. Intake             :
Tinggi
=
81   -  100
Sedang
=
 65   -   80
Rendah
=
 50   -   64
Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas sedang, daya dukung tinggi dan intake sedang à nilainya adalah rata-rata setiap nilai dari kriteria yang ditentukan.
Dalam menentukan rentang nilai dan menentukan nilai dari setiap kriteria perlu kesepakatan forum MGMP di Sekolah.

MENAFSIRKAN KRITERIA MENJADI NILAI
C. Dengan memberikan pertimbangan professional judgement pada setiap kriteria untuk menetapkan nilai :
     1. Kompleksitas     :           - Tinggi
                                                - Sedang
                                                - Rendah 
     2. Daya dukung      :           - Tinggi
                                                - Sedang
                                                - Rendah
    3. Intake                  :           - Tinggi
                                                 - Sedang
      Contoh :
Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya dukung tinggi dan intake peserta didik sedang à maka dapat dikatakan ada dua komponen yang mempengaruhi untuk dapat mencapai  ketuntasan maksimal 100 yaitu kompleksitas rendah dan daya dukung tinggi. Jadi guru dapat mengurangi nilai menjadi antara 90 – 80.

Bagaimana menentukan Intake Siswa Baru?
Ø  KKM Kelas VII dapat didasarkan pada hasil seleksi PSB, NUN Nilai Ijasa, Rapor kelas 6 SD, tes seleksi masuk atau psikotes
Ø  KKM Kelas VIII dan IX didasarkan pada tingkat pencapaian KKM peserta didik pada semester atau kelas sebelumnya 




Contoh analisis dengan Format A
Kompetensi dasar dan Indikator
Kriteria Ketuntasan Minimal
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Nilai KKM
Kompleksitas
Daya dukung
Intake
1.1. Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara
§  Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
§  Menguraikan pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa
§  Menganalisis pengertian negara dan unsur  terbentuknya Negara




rendah
3

tinggi
1

sedang
2




tinggi
3

sedang
2

Tinggi
3




sedang
2

sedang
2

Sedang
2




89


56



78
Nilai KKM KD
74

Contoh perhitungan :
         

Contoh analisis dengan Format B
Kompetensi dasar dan Indikator
Kriteria Ketuntasan Minimal
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Nilai KKM
Komplesitas
Daya Dukung
Intake
1.1. Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara
  • Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
  • Menguraikan  pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa
  • Menganalisis  pengertian negara dan unsur  terbentuknya Negara



sedang
75


tinggi
55


sedang
78



tinggi
90


sedang
80


tinggi
85



sedang
70


sedang
70


sedang
70



78



68



78
Nilai KKM KD
75
Contoh perhitungan ;
   
 Contoh Menentukan Nilai KKM
KI
KD
Indk.
Kriteria ketuntasan Minimal
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Nilai KKM
Komplesitas
Daya Dukung
Intake
Indk.
KD
KI
SK1
   KD1
      Indk 1
               2
               3


3
3
2


3
3
2


2
2
2


89
89
67

82
78
   KD2
      Indk 1
               2
               3

3
2
1

3
3
2

2
2
2

89
78
56

74
SK2
   KD1
      Indk 1
               2
               3


2
2
1


2
2
2


2
2
2


67
67
56

63
63
Nilai KKM KI
71

Nilai KKM Indikator
Nilai KKM KD
Nilai KKM SK / KI
Nilai KKM Mata Pelajaran :

Apa mamfaatnya mengetahui tingkat ketercapaian KKM yang telah ditetapkan?
Ø  Manfaat Analisis : untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan serta potensi yang ada di sekolah (Sarana, prasarana, SDM, lingkungan dsb).
Ø  Sebagai dasar untuk menetapkan KKM pada tahun berikutnya.






Perlu menjadi perhatian kita,Semoga ;
1.  KKM bukanlah sebuah kesepakatan tanpa analisis
2. KKM yang kita analisis dengan butuh pengorbanan peikiran, waktu dan tenaga, kita capai dengan hanya sekedar menetapkan nilai di atas KKM tanpa pengorbanan
3. KKM tidak dijadikan hal yang menakutkan oleh guru kepada siswa di kelas, tetapi dijadikan motivasi untuk mencapai target.
4. KKM dalam proses tidak dijadikan kebanggaan oleh guru ketika tidak dicapai oleh siswa. Dengan bangga mengatakan pelajarannya memang sulit. Tetapi malulah karena KKM-nya tidak tercapai.

0 komentar:

Posting Komentar